Rabu, 25 Agustus 2010

Puasa ramadhan dan kentongan sahur

Puasa ramadhan sudah memasuki pertengahan bulan dan alhamdulillah tidak ada hari yang terlewati pada ramadhan kali ini, dan semoga sampai hari lebaran nanti bisa menyelesaikan ibadah puasa dan  menjadi insan yang lebih baik dari hari-hari yang lalu.

Seperti biasa ramadhan kali inipun tidak luput dari aktifitas bangun sahur mengisi lambung dengan makanan yang cukup untuk memperkuat pisik untuk puasa siang harinya. dan sudah menjadi tradisi juga di lingkungan masyarakat hususnya perkampungan di kota membangunkan orang untuk sahur dengan memukul ember, kaleng, dll sambil berteriak dengan suara keras .

Suatu usaha yang bagus sebenarnya, namun apakah tidak mengganggu ketenteraman mereka yang masih atau baru mau pergi tidur. Tidak bermaksud untuk menyalahkan usaha mereka yang dengan bersemangat memukul benda-benda yang mengeluarkan bunyi-bunyian dengan maksud membangunkan orang supaya tidak terlambat makan sahur.

Masalahnya adalah timbul pada lingkungan masyarakat yang banyak tidak makan sahur, baik karena memang tidak biasa makan sahur atau memang tidak berpuasa (non muslim). Saya sering bertanya dalam hati apakah kebiasaan membangunkan orang dengan cara seperti itu baik, karena mungkin mereka yang tidak berpuasa merasa terganggu tidurnya.

Di era handphone seperti sekarang ini sebenarnya sangat mudah untuk (terpaksa) bangun pada jam yang bisa ditentukan kapan saja. cukup buat alarm dengan suara yang keras atau pakai jam weker lalu tidur dan kriiiiiiiing.... bangun.

Tujuan yang baik dicapai dengan cara melakukan usaha yang bijak mungkin itu yang paling tepat. Pada ahirnya nanti pandangan orang tentang muslim itu yang lebih penting

Islam diturunkan sebagai berkah bagi seluruh alam dan semoga keberkahan tersebut dengan nilai-nilai kemanusiaan nya yang tinggi bersemayam dalam kalbu muslim dan segala gerak jasmani dan rohani adalah cerminan keluhuran ajaran Islam.

Baik di mata Tuhan semestinya juga baik di mata manusia yang baik, dan buruk dimata tuhan boleh jadi baik menurut manusia kebanyakan.

Selamat menjalankan ibadah puasa !!.

1 komentar:

Posting Komentar