Rabu, 09 Juni 2010

Suasana hati

nasehat ke-2 dari 100 Nasehat Imam Ja’far al-Shadiq dari judul asli : Mishbah Al-Syari’ah wa Miftah Al-Haqiqah. semoga bermanfaat bagi kita sebagai  pemeluk Agama Islam

 2. Suasana hati

I'rab (uraian) hati itu ada empat macam, yaitu: raf, fathah, khafdh dan waqf. Raf (terangkatnya) hati di dalam mengingat Allah, fathah(terbukanya) hati di dalam ridha kepada Allah, khafdh(rendahnya) hati didalam kesibukan dengan selain Allah dan waqf(terhentinya) hati yaitu ketika ia lalai dari Allah. Tidakkah kamu perhatikan, jika seseorang hamba mengingat Allah dalam keadaan tulus dengan rasa hormat, terangkatlah semua tirai yang ada antara dia dan Allah.
jika hati mengikuti sumber ketentuan Allah  dan ridha dengan hal itu, sudah tentu hatinya akan gembira, bahagia dan tenang. Jika hatinya sibuk dengan urusan-urusan dunia, lalu bagaimana kamu bisa menemukan apa yang telah disebutkan oleh Allah, hati itu menjadi menciut dan gelap bagaikan sebuah rumah yang berantakan, sunyi tidak ada kemakmuran dan penghuni yang baik di dalamnya.

Jika seseorang lengah dari mengingat Allah, kamu akan melihat bahwa dia telah dihentikan dari kenaikan dan terselubung, menjadi keras kepala dan gelap sejak berpisah dengan cahaya keagungan.

tanda raf' ada tiga macam, yaitu persetujuan, tidak menyalahi dan senantiasa rindu. Tanda fathah ada tiga, yaitu tawakkal, jujur dan yakin. Tanda khafdh ada tiga, yaitu ujub, riya dan rakus. Tanda waqf ada tiga, yaitu hilangnya rasa manis ketaatan, tidak merasakan pahitnya maksiat dan tidak bisa membedakan antara yang halal dan yang haram.


1 komentar:

Posting Komentar